Implementasi Arbain pada praktik pengabdian masyarakat dalam pengembangan karakter santri Pondok Pesantren Al I’anah Cepu
- Senin, 01 Agustus 2022
- Junianto
- 0 komentar
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis perencanaan, pelaksanaan, serta
faktor pendukung dan penghambat pengembangan karakter santri pondok pesantren Al I'anah
melalui program Arbain dalam praktik pengabdian masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan untuk memahami fenomena atau
peristiwa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil penelitian ini adalah: perencanaan
pengembangan karakter santri Pondok Pesantren Al I'anah Cepu meliputi: penentuan tipe
karakter yang akan dikembangkan meliputi; peduli sosial, religius, disiplin, tanggung jawab, (2)
model pembelajaran yang diterapkan dalam pengembangan karakter meliputi; Kajian sorogan
Alquran, kajian kitab kuning, pembiasaan. (3) Kesadaran untuk bertindak sesuai dengan nilai-
nilai karakter. Kedua, pelaksanaan pembinaan karakter santri Pondok Pesantren Al I'anah Cepu
yang melaksanakan program Arbain pengabdian kepada masyarakat melalui rancang hati, olah
pikir, rasa dan karsa serta olah raga. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pengembangan
karakter siswa antara lain; kompetensi pendidik, peran aktif masyarakat sekitar, keberadaan
peserta didik yang kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan.